8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia

Meskipun berbahaya dan beracun, namun, banyak wisatawan yang penasaran dan memiliki nyali yang besar untuk tetap datang ke pulau-pulau paling berbahaya ini.

34
views

Bumi ini terdiri dari beberapa benua, lautan, termasuk pulau-pulau yang dihuni dan juga tidak dihuni. Beberapa pulau dianggap sebagai pulau paling berbahaya dan mematikan di dunia. Hal ini dapat terjadi karena adanya beberapa alasan, termasuk keberadaan predator berbahaya atau bahkan zat beracun. Ada pulau yang berbahaya karena memiliki gas belerang, radiasi nuklir atau jejak bekas pabrik senjata kimia dan biologi. Meskipun berbahaya dan beracun, namun, banyak wisatawan yang penasaran dan memiliki nyali yang besar untuk tetap datang ke pulau-pulau paling berbahaya ini. Berikut ini adalah 8 pulau paling berbahaya di dunia.

 

Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan

 

8. Ilha de Queimada Grande

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Ilha de Queimada Grande (melhoresdestinosdobrasil.com.br)

Ilha de Queimada Grande adalah sebuah pulau yang terletak di Samudera Atlantik, lepas pantai São Paulo, Brasil. Pulau dengan luas 430.000 meter persegi (110 hektar) ini dijuluki sebagai “Pulau Ular”, dan kini tak berpenghuni meskipun sisa-sisa mercusuar membuktikan keberadaan manusia di masa lalu. Menjaga mercusuar saat ini pastilah menjadi pekerjaan yang sangat mempertaruhkan nyawa, karena pulau ini benar-benar dipenuhi oleh ular, sekitar satu ekor ular untuk setiap meter persegi dari pulau ini.

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Ilha de Queimada Grande ‘Pulau Ular’ (melhoresdestinosdobrasil.com.br)

Ular yang ada disana pun bukan sembarang ular. Tiga dari empat spesies ular yang di dokumentasikan di Ilha de Queimada Grande adalah ular beludak berbisa. Bothrops insularis, Golden Lancehead, adalah salah satu ular paling mematikan di Bumi. Karena ular ini memangsa burung bukan mamalia, racun mereka telah berkembang menjadi hingga lima kali lebih beracun daripada kerabat daratan nya.

7. Pulau Gruinard

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Pulau Gruinard (thesun.co.uk)

Pada Perang Dunia II, pemerintah Inggris memutuskan untuk menguji anthrax untuk digunakan sebagai senjata biologi dan membeli Pulau Gruinard dari pemiliknya untuk digunakan sebagai tempat pengujian. Pulau yang menjadi bagian dari Skotlandia itu, tetap terkontaminasi dengan anthrax selama puluhan tahun. Setidaknya sampai tahun 1986, ketika 280 ton formaldehida disemprotkan di pulau itu untuk membunuh spora.

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Gruinard Island (lared.cl)

Pulau Gruinard kemudian dinyatakan bebas dari bahaya pada tahun 1990, namun kemungkinan masih ada bahaya lain yang mengancam disana, karena tidak ada yang tahu bagaimana efek jangka panjang dari keracunan formaldehida.

Baca Juga: Inilah 5 Ular Paling Mematikan yang Ada di Indonesia

6. Miyakejima

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Gunung Oyama (flashmagonline.net)

Pulau Miyakejima, terletak di kelompok pulau Izu, di Jepang, adalah sebuah pulau vulkanik dengan sebuah gunung berapi aktif yang meletus setiap beberapa tahun, tapi yang jauh lebih mematikan adalah gas sulfur beracun yang merembes dari gunung maupun dari tanah.

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Miyake-Jima Island (sethlui.com)

Pada bulan Juli tahun 2000, Gunung di Miyakejima, Gunung Oyama meletus, mendorong evakuasi yang selesai dilakukan pada bulan September tahun yang sama. Tak seorang pun diizinkan kembali selama lima tahun, tapi bahkan sekarang warga dikatakan harus membawa masker gas dan menggunakannya setiap saat apabila alarm peringatan tingkat sulfur yang tinggi di udara berbunyi. Luar biasanya, Miyakejima kemudian menjadi tempat wisata, karena banyak orang yang mengetahuinya dari internet penasaran dan berkunjung kesana. Toko-toko yang menjual masker gas untuk wisatawan pun bermunculan disana. Sulfur masih dipancarkan, tetapi tampaknya tidak berbahaya untuk sementara ini.

5. Pulau Runit

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Pulau Runit (news.com.au)

Enewetak Atol adalah bagian dari Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik. Pulau yang masuk daftar di sini adalah pulau Runit. Hal ini karena AS melakukan pengujian nuklir di atol tersebut selama bertahun-tahun sampai akhir tahun 1970-an, ketika beberapa warga diizinkan untuk kembali. Sayangnya, operasi pembersihan besar-besaran dilakukan AS pada tahun 1977, dengan mengambil 111.000 meter kubik tanah dan puing-puing yang terkontaminasi dari pulau-pulau terdekat dan menguburnya dalam kawah ledakan di ujung pulau Runit. Militer AS membangun kubah sebesar 100.000 kaki persegi yang terdiri dari 358 panel beton, yang kemudian dikenal sebagai Cactus Dome, untuk menutupi tanah dan puing-puing yang terkontaminasi.

8 Pulau Paling Berbahaya dan Sangat Mematikan Di Dunia
Cactus Dome (nytimes.com)

Pada tahun 1980, pemerintah memutuskan Pulau Runit aman untuk dihuni. Namun aman bagi siapa? Tampaknya pulau ini jelas tidak aman bagi siapapun di planet ini, manusia maupun hewan.

BERIKAN TANGGAPAN ANDA!

Masukkan Komentar Anda!
Masukkan Nama Anda Disini