6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru

55
views

Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru – Tahukah kamu bahwa 6 produk dibawah ini pada awal mulanya adalah peniru? Biarpun peniru, ternyata mereka mampu memproduksi dan mempromosikan produknya dengan lebih baik daripada produk yang ditiru nya. Dan dapat menjadikannya produk yang lebih populer hari ini, lebih dari apa yang telah ditiru di awal.

 

Produk Peniru yang Lebih Populer

 

1. Oreo Adalah Peniru Hydrox

6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru
chsrecruiting.com

Oreo yang sekarang sangat tersohor dan cara memakannya pun sangat khas dengan jargon (diputer! dijilat! dicelupin!) ternyata adalah peniru dari Hydrox yang berkonsep sama namun tidak punya cara makan yang catchy dan juga nama produknya pun terdenger seperti sebuah produk deterjen. Biarpun Hydrox muncul duluan dan ditiru oleh Oreo, bukan berarti Hydrox lebih baik. Yang jelas Oreo lebih enak dan memakai bahan yang lebih baik. Sudah jelas kan? kenapa sekarang Oreo jadi jauh lebih terkenal daripada Hydrox.

2. Angry Birds Meniru Crush the Castle

6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru
makeuseof.com

Si burung pemarah ciptaan Rovio adalah versi tiruan dari game flash berjudul Crush the Castle. Konsep permainan nya ditiru habis-habisan. Tapi burung-burung “ambegan” ini tak bisa sepenuhnya disalahkan juga, Crush the Castle sendiri memang tak lebih menarik dari Angry Birds secara visual. Angry Birds sekarang menjadi sebuah franchise yang besar dan sangat profitable sementara pencipta Crush the Castle mungkin cuma bisa gigit jari. Kasus ini menjadi bukti bahwa siapa yang meracik dengan lebih baik, pasti jadi yang lebih di lirik.

3. Candy Crush Saga Meniru CandySwipe

6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru
forbers.com

Lebih parah dari kasus Angry Birds vs Crush the Castle adalah kasus ini. Candy Crush Saga sangat sukses dan populer serta menjadi salah satu game dengan penghasilan terbanyak di Appstore maupun Google Play. Sayangnya kesuksesan itu berasal dari “nyontek” dan menyengsarakan orang lain. Candy Crush Saga bukan hanya meniru gameplay tapi juga tampilan visual dan icon yang dipakai oleh CandySwipe. Parahnya lagi pihak pengembang game ini, King malah mendakwa kreator CandySwipe karena memakai kata “candy” yang sudah dipatenkan oleh King. Padahal kreator CandySwipe menciptakan game tersebut semata-mata untuk mendanai operasi kanker ibunya. Sangat Menyedihkan bukan?

Baca Juga: 25 Penemuan Unik dan Kreatif yang ada di Dunia

4. Lego Mengadaptasi Ide Kiddicraft

6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru
lego.wikia.com

Kita mengenal Lego saat ini sebagai merek mainan paling terkenal dan terpuji, tapi tidak banyak yang mengetahui kalau Lego sebenarnya mengadaptasi ide seorang toymaker bernama Hilary Fisher Page. Pada tahun 1939 Page bersama Perusahaannya Kiddicraft menciptakan konsep mainan bongkar-pasang yang kini lebih dikenal sebagai Lego. Page bunuh diri pada tahun 1957 karena perusahaannya bangkrut gara-gara kalah bersaing dengan Lego. “Now you know the dark side of Lego” (Sekarang Kamu Tahu Sisi Gelap dari Lego).

5. 9Gag Mencuri Banyak Materi “Meme” dan Jokes di 4chan dan Reddit

6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru
26in.fr

Kamu mengerti maksud dari Gambar diatas? 9gag menjadi situs yang dianggap mempopulerkan penggunaan “Meme” di Indonesia. Padahal materi-materi yang ada di 9gag terang-terangan mengambil tanpa izin dari forum macam 4chan dan Reddit. Orang Indonesia sepertinya “masa bodo” akan hal ini dan malah situs-situs/akun Meme lokal lebih brutal lagi “nyuri” dari sumber-sumber yang tak pernah mereka beri kredit dengan lebih profesional.

6. Star Wars Mengambil Banyak Inspirasi dari The Hidden Fortress

6 Produk Peniru yang Lebih Populer dari yang Ditiru
screenaddict.wordpress.com

Sebelum menjadi mega franchise seperti sekarang ini, Star Wars dimaksudkan George Lucas sebagai penghormatan nya kepada film-film western yang pada awalnya juga mengambil banyak inspirasi dari film-film sutradara jenius Jepang Akira Kurosawa. Silahkan menyaksikan langsung The Hidden Fortress dan kamu akan menemukan di mana George Lucas menemukan “inspirasi” untuk R2D2, C3PO, Han Solo dan bahkan Leia Organa. Tak keberatan juga kalau pada akhirnya apa yang dibuat George Lucas di Star Wars lebih populer dari apapun yang pernah diciptakan oleh Kurosawa.

Sekarang sudah pada tahu kan? tentang Produk Peniru yang ternyata Lebih Populer ketimbang Produk yang telah Ditiru. Ternyata dibalik kesuksesan suatu Produk, ada sisi gelap yang tersimpan didalamnya. Semoga Bermanfaat!

BERIKAN TANGGAPAN ANDA!

Masukkan Komentar Anda!
Masukkan Nama Anda Disini