6 Makanan Khas Idul Adha di Indonesia ini Paling Populer

SiKece.com – Idul Adha atau yang juga dikenal dengan Lebaran Haji dan Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari raya yang pasti diperingati oleh seluruh umat Islam di dunia, selain Idul Fitri. Pada hari tersebut, seusai melaksanakan Sholat Ied berjamaah, semua umat Islam melakukan pemotongan hewan kurban berupa kambing, domba sapi atau unta. Nah, penasaran makanan khas Idul Adha di Indonesia yang paling populer? Simak ulasannya berikut ini, ya!

 

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia

 

RENDANG

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia
Source: indonesia-recipe.com

Makanan khas Tanah Minang ini sepertinya memang identik dengan hari raya umat Muslim di Indonesia. Selain menjadi makanan yang paling populer saat Idul Fitri, rendang juga ternyata populer menjadi makanan khas Idul Adha, lho. Kalau saat Idul Fitri Kamu harus membeli daging untuk membuat rendang, maka saat Idul Adha Kamu hanya perlu memanfaatkan daging kurban untuk diolah menjadi rendang.

SATE

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia
Source: pegipegi.com

Di Indonesia, Idul Adha cukup identik dengan berkumpul keluarga lalu melakukan aktivitas bakar-bakar untuk membuat sate kambing. Bener gak, Guys? Ya, biasanya kerabat yang berkurban kambing akan membuat sate kambing lengkap dengan bumbu kecapnya, nih. Tapi, sebagian lain ada juga yang membuat sate dari daging sapi.

BALANGA

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia
Source: dream.co.id

Balanga adalah daging kambing muda yang diolah dengan cara dibakar, mirip seperti sate. Makanan ini juga terpengaruh kuliner Arab Saudi dan masuk ke wilayah Sulawesi, tepatnya di Gorontalo. Biasanya, Balanga akan sangat nikmat disantap dengan seporsi ketupat yang sudah dipotong-potong dan siap disantap. Yummy!

 

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Mutiara Ucapan Idul Adha 2018

 

SOP

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia
Source: makanmakan.com

Siapa sih yang akan menolak kelezatan sop buntut, sop iga ataupun sop daging? Apalagi, kalau ditambah dengan irisan daun bawang dan perasan jeruk nipis. Segar banget! Misalnya saja di Jakarta, biasanya seringkali ditemukan juga daging kambing yang diolah menjadi sop kaki kambing atau daging sapi yang diolah menjadi soto betawi saat perayaan Idul Adha.

GULAI

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia
Source: hp4jateng.wordpress.com

Potongan daging kambing beserta tulangnya dimasak dengan bumbu kari dan cabai sehingga menjadi gulai. Makanan ini pasti ada di setiap rumah di Aceh dan Sumatera Barat saat Idul Adha. Namun, di Pulau Jawa pun banyak keluarga yang juga rutin membuat gulai setiap tahunnya saat Idul Adha tiba. Ada gulai dari daging kambing, ada pula gulai dari daging sapi.

RABEG

Makanan Khas Idul Adha di Indonesia
Source: diahdidi.com

Rabeg adalah makanan yang terpengaruh kuliner Arab Saudi dan menjadi favorit serta populer sebagai hidangan Idul Adha di Banten. Rabeg terbuat dari isi perut kambing alias jeroan, mulai dari babat, hati, usus, paru dan masih banyak lagi. Dan, karena makanan ini adalah olahan jeroan kambing, maka cara memasaknya pun lebih sulit dibandingkan dengan mengolah jeroan sapi nih, Guys. Kalau cara mengolahnya salah, bisa-bisa makanan ini masih mengeluarkan aroma kambing yang menyengat dan kurang sedap. Tapi, kalau mengolahnya jago banget, makanan ini bakal bikin Kamu nambah dua porsi!

 

Gimana, Guys? Kalau di keluarga Kamu, makanan khas Idul Adha di Indonesia yang pasti dan wajib tersedia di meja makan apa saja, nih?

BERIKAN TANGGAPAN ANDA!

Masukkan Komentar Anda!
Masukkan Nama Anda Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.