3 Cara Mudah Mengubah Hobi Fotografi menjadi Bisnis Menguntungkan

25
views

Di Zaman yang sudah serba Modern seperti saat ini, begitu banyak orang yang menjadikan fotografi sebagai hobi yang patut ditekuni. Dunia fotografi pun sekarang tak lagi hanya di monopoli oleh fotografer profesional saja. Dengan banyaknya jenis kamera yang ditawarkan, kini fotografi tak hanya khusus bagi para profesional, orang-orang awam pun bisa menggunakannya dengan sangat mudah. Kondisi ini juga bisa mendorong Kamu untuk mulai berpikir menjadikan fotografi tak hanya sekedar hobi, namun juga dapat mengubah fotografi menjadi bisnis yang menggiurkan. Berikut ini 3 Langkah Mudah Mengubah Hobi Fotografi menjadi Bisnis yang Dapat Kamu Coba.

Mengubah Hobi Fotografi menjadi Bisnis

1. Tentukan spesialisasi Kamu

Pada umumnya, kebanyakan para fotografer memerlukan waktu yang cukup lama untuk menemukan spesialisasi mereka. Oleh karena itu, banyak fotografer yang menawarkan jasa pengambilan gambar yang cukup beragam. Sebenarnya, kondisi ini dapat membantu Kamu untuk terjun ke dunia bisnis fotografi dengan menawarkan spesialisasi. Hal ini akan membantu Kamu menentukan bidang pengambilan gambar terbaik Kamu.

3 Cara Mudah Mengubah Hobi Fotografi menjadi Bisnis Menguntungkan
Tentukan Bidang Fotografi yang Kamu Kuasai

Dengan begitu, calon klien Kamu akan memiliki gambaran apakah Kamu merupakan fotografer yang mereka butuhkan. Baik fotografer landscape, fashion, atau khusus acara pernikahan, spesialisasi akan membuat bisnis Kamu lebih mudah dikenali. Karena itu, pilihlah jenis fotografi tertentu dan bangun bisnis Kamu di sana. Dengan menunjukkan preferensi serta kemampuan yang Kamu miliki terhadap bidang atau tipe fotografi tertentu, akan lebih mudah bagi Kamu untuk menarik pelanggan yang tepat untuk mengembangkan karir Kamu pada arah yang tepat pula.

Baca Juga: UglyLocationChallenge, Membuat Tempat yang Tampak Biasa Saja menjadi Luar Biasa Fotogenik

2. Buat portofolio untuk membuka pasar bisnis Kamu

Sebagai seorang fotografer, portofolio yang baik akan menjadi alat marketing paling ampuh yang dapat Kamu andalkan. Hal ini akan membentuk cerita profesional Kamu serta memberikan Kamu kesempatan untuk menunjukkan karya Kamu kepada para klien potensial di seluruh indonesia bahkan dunia. Bukan tidak mungkin banyak orang di luar sana yang sedang mencari fotografer seperti Kamu.

3 Cara Mudah Mengubah Hobi Fotografi menjadi Bisnis Menguntungkan
Tawarkan & Tunjukkan Kemampuan Kamu Semaksimal Mungkin

Faktanya, sebuah jajak pendapat dari 250 orang dalam bidang periklanan dan pemasaran eksekutif mengungkapkan bahwa 63% keputusan memilih seorang fotografer diambil berdasarkan portofolio yang disuguhkan. Itulah mengapa portofolio yang Kamu buat harus dapat menunjukkan siapa dan apa saja kemampuan yang Kamu punya. Portofolio juga harus menekankan pekerjaan yang pernah Kamu lakukan, skill, dan kemampuan artistik terbaik yang Kamu miliki.

Portofolio online Kamu biasanya adalah kontak pertama yang terjadi antara Kamu dengan peluang proyek dan pekerjaan selanjutnya. Oleh karena itu, penting agar portofolio ini mampu menampung berbagai kualitas terbaik yang bisa Kamu tawarkan dan tunjukkan. Tambahkan informasi karya fotografi terbaik Kamu, utamakan fokus atau spesialisi, serta pastikan untuk selalu meng-update portofolio tersebut kapan pun Kamu memiliki proyek baru.

3. Temukan klien dan proyek fotografi

Pastinya Kamu berharap bisa menciptakan karya mengagumkan yang secara otomatis akan membuka pintu bagi klien untuk bekerja sama dengan Kamu. Namun, pada kenyataannya, Kamu perlu melakukan usaha lebih untuk membuat bisnis Kamu menarik bagi klien potensial. Cobalah cari iklan baris yang khusus bergerak di bidang fotografi dan masukkan bisnis Kamu ke dalam daftar tersebut. Cara ini akan membuat para pelanggan potensial lebih mudah menemukan Kamu.

3 Cara Mudah Mengubah Hobi Fotografi menjadi Bisnis Menguntungkan

Bekerja keraslah dalam proses pengembangan media sosial presence Kamu. Menurut data yang diluncurkan oleh Vision Critical, 43% pengguna media sosial menggunakan sebuah produk setelah mendapatkan banyak rekomendasi. Media sosial dapat memengaruhi pelanggan dalam proses melihat, membagikan, hingga membeli atau menggunakan sebuah produk. Tak terkecuali penggunaan jasa fotografer bagi kampanye besar yang bisa jadi kesempatan bagi bisnis Kamu.

 

Mulailah secara serius untuk mengubah hobi fotografi kamu menjadi bisnis yang dijalankan secara profesional. Percayalah pada kemampuan Kamu sendiri dan carilah celah terbaik untuk menyebar luaskan karya Kamu. Semoga Berhasil!

BERIKAN TANGGAPAN ANDA!

Masukkan Komentar Anda!
Masukkan Nama Anda Disini