10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia yang Pernah Ditemukan

Menurut penelitian tentang kutu tubuh, manusia mulai mengenakan pakaian dan perhiasan sekitar 170 ribu tahun yang lalu.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia – Jika Kamu berpikir beberapa pakaian favorit Kamu mulai menunjukkan usia mereka, Kamu perlu melihat apa yang telah ditarik keluar dari kedalaman lemari sejarah berikut ini. Menurut penelitian tentang kutu tubuh, manusia mulai mengenakan pakaian dan perhiasan sekitar 170 ribu tahun yang lalu. Serat tertua yang diketahui, digunakan oleh manusia sekitar 34 ribu tahun yang lalu. Pakaian umumnya terbuat dari bahan organik, seperti kulit dan kain (yang cepat hancur), hanya segelintir pakaian kuno dan perhiasan masih ada.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia
10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia – SiKece.com

Berikut ini 10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia mode kuno, yang sebagian besar masih bisa dikenali hari ini.

 

Aksesoris dan Pakaian Tertua

#10. Perhiasan Tertua (130.000 tahun)

Pada 2015, ilmuwan mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bentuk tertua dari perhiasan. Delapan cakar elang ditemukan di situs Neanderthal di Kroasia. Cakar elang, berasal dari setidaknya tiga burung yang terpisah, memiliki beberapa tanda bekas dipotong, takik untuk dirangkai, dan pelitur, yang membuat para peneliti terkemuka yakin bahwa perhiasan ini telah dipakai sebagai bagian dari kalung atau gelang.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia
Perhiasan Tertua – dailymail.co.uk

Penemuan ini memperkuat klaim bahwa Neanderthal bukanlah manusia gua yang terbelakang, tapi bagian dari masyarakat cerdas yang kompleks yang mencakup agama dan seni. Para peneliti mengatakan bahwa dipilihnya cakar elang untuk tujuan seremonial, menunjukkan pemahaman Neanderthal akan “Simbolisme”. Dan karena perhiasan itu berasal dari sekitar 80 ribu tahun sebelum kedatangan manusia modern, maka tidaklah mungkin Neanderthal mencurinya atau menyalin desain nya.

Sebelum penemuan, perhiasan tertua dalam sejarah adalah beberapa kerang yang ditemukan di Israel dan Afrika, berusia sekitar 100-ribu tahun. Kerang-kerang tersebut ditemukan jauh di pedalaman, dan menunjukkan bukti telah digunakan sebagai manik-manik.

#9. Sandal Tertua (9300 tahun)

Pasangan Sandal tertua di dunia ditemukan di Fort Rock Basin di Oregon, Amerika Serikat pada tahun 1938, dan kedua Sandal ditemukan masih bersama-sama.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia
Sandal Tertua – toptenz.net

Sandal ini terbuat dari pintalan kulit semak-semak sebagai benangnya, dengan tapak kaki datar dan pembungkus kaki. Beberapa spesimen telah ditemukan, dengan yang tertua diyakini berusia antara 9.300 dan 10.000 tahun. Para peneliti percaya tali pada sandal dililitkan ke pergelangan kaki dan kemudian diikat ke sisi lain seperti ini:

 

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia

Sementara itu, sepatu kulit tertua di dunia ditemukan di gua Areni-1, di tenggara Armenia pada tahun 2010. Diperkirakan berusia sekitar 5.500 tahun, sepatu kulit berwarna coklat dengan renda untuk kaki kanan yang kecil, menunjukkan sepatu itu mungkin dikenakan oleh seorang wanita. Para peneliti mengatakan sepatu dipotong dari sepotong kulit dan dibuat kecokelatan dengan menggunakan minyak sayur, dan dibentuk agar sesuai dengan kaki yang memakainya. Sepatu itu juga diisi dengan rumput, baik sebagai insulasi, atau untuk menjaga bentuk sepatu ketika tidak sedang dipakai.

#8. Mahkota Tertua (6.000 tahun)

Mahkota ditemukan sebagai bagian dari “Nahal Mishar Hoard”, harta karun yang terdiri lebih dari 400 benda-benda yang ditemukan di sebuah gua di gurun Yudea dekat Laut Mati pada tahun 1961. Berasal dari zaman tembaga (4000-3300 SM), mahkota terbuat dari tembaga yang dihitamkan, dan berdiameter sekitar tujuh inci (sekitar lingkar kepala seorang pria yang bertubuh kecil). Lima gambar menghiasi tepi atas mahkota, termasuk dua burung berleher panjang (diyakini adalah burung bangkai), dua gerbang atau pintu, dan benda berbentuk “t” yang mungkin adalah gagang pedang. Ditemukan berdampingan dengan tongkat yang menampilkan hewan bertanduk, keranjang anyaman tembaga, dan banyak mangkuk tanah liat dan gelas.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia
Mahkota Tertua – foxnews.com

Para peneliti tidak yakin mahkota ini adalah mahkota yang dikenakan oleh raja di daerah tersebut. Sebaliknya, mereka percaya mahkota itu digunakan dalam upacara publik, dan saat upacara pemakaman bagi orang-orang penting. Juga tidak jelas bagaimana mahkota itu dan harta lainnya di timbun di gua padang pasir selama berabad-abad.

#7. Rok Tertua (5.900 tahun)

Sebuah gua di Armenia telah berubah menjadi sebuah gudang pakaian tertua atau busana antik untuk para arkeolog, karena disana ditemukan tidak hanya rok tertua di dunia, tetapi juga sepatu kulit tertua yang diketahui di dunia (lihat nomor 9). Rok ditemukan di gua Areni-1 di tenggara Armenia, hanya fragmen yang tersisa, tapi itu cukup untuk menentukan bahwa kain terbuat dari tenunan alang-alang. Tidak mungkin untuk digambarkan bagaimana sebenarnya penampilan rok itu saat masih utuh seperti ketika pertama kali dibuat, atau apakah rok itu dikenakan oleh wanita atau pria. Namun, para peneliti percaya ini merupakan contoh tertua dari pakaian alang-alang di dunia.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia
Rok Tertua – allinnet.info

Bersama dengan rok dan sepatu, peneliti di gua Areni-1 juga gembira dengan penemuan mumi seekor kambing, diyakini berasal dari sekitar periode yang sama dengan rok yang ditemukan. Jika perkiraan ini benar, maka mumi kambing Armenia adalah sekitar seribu tahun lebih tua dari sebagian besar hewan mumi yang ditemukan di Mesir.

Baca Juga: 15 Rumah Paling Unik dan Aneh yang ada di Dunia

#6. Gaun Tertua (5.000 tahun)

Sering digambarkan sebagai pakaian tertua di dunia, Gaun Tarkhan ditemukan di sebuah kuburan Mesir kuno, sekitar 30 mil dari Kairo. Berasal dari periode Dinasti Pertama atau Kerajaan Lama, gaun (atau tunik) terbuat dari linen (oleh karena gaun juga adalah kain tekstil yang paling awal dikenal yang digunakan untuk pakaian), dan memiliki fitur lengan erat lipit dan kuk dijahit ke rok. Para peneliti mengatakan pakaian itu jelas dipakai dalam kehidupan, karena menunjukkan kekusutan yang berbeda di siku dan ketiak.

10 Aksesoris dan Pakaian Tertua di Dunia
Gaun Tertua – messagetoeagle.com

Awalnya ditemukan pada tahun 1913, pentingnya penemuan itu tidak diketahui sampai 1977, tunik tersebut adalah bagian dari tumpukan linen yang telah digali, tapi tidak dibersihkan atau diperiksa dengan benar selama lebih dari 60 tahun.

 

Penasaran seperti apa penampakan aksesoris dan pakaian tertua lainnya?

Klik Halaman Selanjutnya → untuk Melanjutkan!

BERIKAN TANGGAPAN ANDA!

Masukkan Komentar Anda!
Masukkan Nama Anda Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.